Tuesday, April 11, 2017

Pemanfaatan Daun sirsak Sebagai Obat Anti Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan kedua didunia setelah penyakit jantung.(anonim. 2015 ). Peningkatan jumlah pasien kanker di dunia sebanyak 6,25 jt setiap tahunny. Bahkan,data dunia menyatakan bahwa sebanyak 11 – 12 juta orang saat ini merupakan pengidap berbagai jenis kanker. (anonim. 2015 ). Terjadinya kanker disebabkan oleh sel abnormal jaringan tubuh yang tumbuh dan berkembangdengan cepat dan tak terkendali. Sel abnormal akan menyusup ke jaringan disekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat dan darah serta menyerang organ – organ penting dan sel saraf tulang belakang. Saat sel abnormal tersebut menumpuk mendesak serta jaringan organ yang ditempatinya barulah proses ini disebut tumor ganas atau kanker. (anonim . 2015). Penyebab penyakit kanker bukanlah faktor tunggal. Kanker disebabkan oleh berbagai macam faktor, dapat berupa faktor eksternal, faktor internal da sering gabungan keduanya. Faktor eksternal dapat berupa radiasi, radikal bebas, sinar ultraviolet, vrs, inveksi, rokok atau bahan kimia dari makanan seperti bahan pengawet dan pewarna sintetik. Saementara itu faktor internalnya dapat berupa faktor genetic atau bawaan, faktor hormonal, faktor kejiwaan atau emosional, pola hidup dan kekebalan tubuh. (anonim . 2015 ). Apapun jenis penyakit kanker tidak selalu diobati dengan obat – obatan, opersi bedah(OB), kemoterapi dan berbagai jenis pengobatan lainnya. Pengobatan alami kanker dapat dilakukan dengan pemanfaatan bahan ilmiah seperti daun sirsak.(anonim . 2015). Sirsak merupakajn tumbuhan Indonesia yang memiliki kandungan kimia alamiah seperti saponin,flavonoid, tanin, kalsium, fosfor, hidrat arang, vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, serta fistosterol, ca-oksalat dan alkaloid murisine.(pers. 2015). Sirsak yang dimanfaatkan, kuhususnya daunnya ini banyak digunakan sebagai obat alami untuk menumpas selsel kanker dan membantu proses pengobatan dari penyakit kanker. Salah satu contoh penggunaan daun sirsak ini banuak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi dan mengobati kanker payudara pada wanita.(pers.2015)



*Kandungan zat aktif Seperti jenis daun herbal lainnya, daun sirsak memilki sejumlah zat aktif yang biasa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Beberapa zat aktif yang ada pada daun sirsak diantaranya: 1. Acetogenin. Zat ini diketahui 10 ribu kali lebih kuat dalam membunuh sel-sel kanker dibanding adriamycin, zat aktif yang biasa dipakai dalam kemoterapi. Hebatnya lagi zat ini hanya akan menyerang sel yang pertumbuhannya tidak normal (sel kanker) tidak seperti obat-obat yang dipakai dalam kemoterapi. 2. Steroid/ttriterpenoid. Dalam dunia medis zat ini biasa digunakan untuk membuat obat-obatan kontrasepsi, anabolik dan antiinflamasi. 3. Flavonoida. Fungsi flavonoida ialah pengatur tumbuh, pengatur fotosintesis, kerja antimikroba dan antivirus. Dalam pertanian sering digunakan untuk bioinsektisida pengusir serangga. 4. Glikosida Antrakuinon. Merupakan salah satu jenis kuinon alam yang biasa digunakan sebagai pencahar. 5. Terdapat juga sejumlah zat penting yang berperan sebagai obat dan berguna bagi kekebalan tubuh seperti annocatacin, muricapentocin, annocatalin, annomuricin, annohexocin, anomurine, anonol, annomuricin, gigantetronin, caclourine, linoleic acid dan gentisic acid. 

Daun sirsak selain sebagai obat pncegah kanker,juga mempunyai segydang manfaat lainnya, antara lain : 1. Antibakteri : Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri 2. Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus 3. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker 4. Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor 5. Antiparasit: Untuk Menghambat perkembangan parasit 6. Antimalaria: Mencegah malaria 7. Antileishmania: Antileishmania 8. Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos 9. Antikonfulsan: antikonvulsan 10. Astrigen: Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir 11. Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen 12. Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri 13. Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan 14. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan 15. Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah 16. Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah 17. Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik 18. Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung 19. Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI 20. Obat penenang: Zat yang menenangkan 21. Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan 22. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah 23. Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus 24. Diuretik: The emetik dari aurine 25. Penenang: Zat yang menenangkan.  

No comments:

Post a Comment